1.
Indikator
:Mengidentifikasi isi dan bagian suatu paragraf
Soal
:
Bacalah
paragraf berikut!
Trusmi merupakan desa yang dijuluki sentra batik cirebonan. Hampir semua orang
mengenal batik, bahkan masyarakat Cina sangat menyukai motif-motif batik dari
desa yang satu ini. Batik banyak sekali ditemukan di desa yang berjarak kurang
lebih lima kilometer ke arah barat Kota Cirebon ini. Dari produk rumahan sampai
produk pabrikan terkenal. Motifnya pun sangat beragam, ada mahkota, mega
mendung, dan motif-motif pesisiran lainnya.
Gagasan
utama paragraph tersebut adalah….
A. berbagai motif batik cirebonan
B. produk batik rumahan dan pabrikan
C. Trusmi sebagai sentra batik cirebonan
D. kegemaran orang Cina akan motif batik
Kunci Jawaban : C
Pembahasan: Gagasan utama/gagasan pokok/ide pokok
merupakan pernyataan yang menjadi inti pembahasan.
Gagasan utama terdapat pada kalimat utama dalam setiap paragraf. Letaknya biasa
terdapat pada awal atau akhir paragraf. Kalimat utama tersebut bersifat umum dengan ditandai kata yang merujuknya.
2. Indikator : Mengidentifikasi isi dan bagian suatu
paragraf
Soal
:
Bacalah
paragraf berikut!
(1)Kaderisasi
atlet adalah hal yang tak dapat ditolak.
(2)Dari tangan mereka pula,
kejayaan
suatu bangsa dapat tercipta.
(3)Menghadirkan “wadah” yang tepat sebagai
sarana
pendukung latihan bagi para atlet
menjadi salah satu Kunci
JawabanJawabanagar
kaderisasi yang diinginkan dapat berjalan terus. (4)Hal ini
telah
dilakukan oleh Perkumpulan Bulu Tangkis Djarum (PB Djarum) yang telah
diresmikan
sejak tahun 1974. (Kompas, Selasa,9
September 2014)
Kalimat
utama paragraf tersebut ditandai nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
Kunci Jawaban: A
Pembahasan: Kalimat utama berisi pernyataan yang
masih umum atau luas. Kalimat tersebut memerlukan kalimat-kalimat lain yang
berfungsi menjelaskan kalimat utama. Letak kalimat utama bisa pada awal
paragraf, akhir paragraf, atau awal dan akhir (campuran). Pada paragraf
tersebut kalimat ke-1 berkedudukan sebagai kalimat utama, sedangkan kalimat ke-2, 3, 4 sebagai kalimat penjelas.
3.
Indikator : Menentukan persamaan isi berita
Soal
:
Teks Berita
I
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)
Kabupaten Purbalingga, Priyo Satmoko, menga-takan, sejumlah desa di Kecamatan Kejobong telah
mengajukan bantuan air bersih. Berdasarkan data BPBD, daerah rawan kekurangan
air bersih tersebar di wilayah Kecamatan Kejobong, Karang-anyar,
Pengadegan, Kaligondang, Karangreja, dan sebagian Kecamatan Bukateja.
Penyaluran air bersih dilakukan mulai pekan ini.
Teks Berita
II
Di Cilacap,
BPBD setempat mulai mendistribusikan air bersih
ke warga. Kepala Pelaksana Harian BPDB Cilacap,Supriyanto, mengatakan, ada 77
desa di 12 kecamatan yang
kekeringan. Dua belas kecamatan itu antara lain Kecamatan Kawunganten,
Bantarsari, Gandrung-mangu, Wanareja, Cimanggu, Jeruklegi, dan Patimuan. “Patimuan sudah mulai kekeringan. PDAM di
Sidareja juga sudah mendistribusikan air
kepada warga yang mengalami kekeringan,” ujarnya.
Persamaan
isi kedua kutipan teks berita tersebut
adalah....
A. penyaluran air bersih
B. kekurangan air bersih
C. waktu terjadinya bencana
D. jenis bencana yang dihadapi
Kunci Jawaban : B
Pembahasan: Informasi adalah keterangan,
pemberitahuan, kabar, atau berita. Untuk mencari kesamaan isi beberapa berita,
kita harus menentukan informasi pokok dari setiap teks berita tersebut. Kata-kata yang dirujuk: Teks I:… sejumlah desa di Kecamatan Kejobong telah mengajukan
bantuan air. Teks II:… ada 77 desa di 12
kecamatan yang kekeringan.
4.
Indikator : Menentukan perbedaan
penyajian berita
Soal
:
Bacalah
kutipan teks berita berikut!
Teks Berita
I
Kebakaran
menghanguskan enam rumah kontrakan di
Jalan Galur Sari Raya 9 Utan Kayu Selatan, Matraman, Jakarta Timur, sekitar
pukul 19.30 WIB. Dugaan sementara,
kebakaran dipicu oleh hubungan arus pendek listrik. Api dengan cepat berkobar
dan merembet ke rumah lainnya karena bahan bangunan sebagian besar terbuat dari
papan.
Teks Berita
II
Setelah
hujan deras dan angin kencang yang mengguyur Ibukota Jakarta sejak siang tadi,
kebakaran pun melanda Ibukota. Tepatnya di kawasan padat penduduk di Jalan Galur Sari 9 Utan Kayu Selatan, Matraman,
Jakarta Timur. Warga yang panik kemudian berusaha memadamkan api dengan alat seadanya.
Perbedaan
penyajian kedua kutipan teks berita tersebut adalah….
A. Teks
berita I diawali dengan unsure berita apa Teks berita II diawali dengan
unsure berita kapan
B. Teks
berita I diawali dengan unsure berita kapan Teks berita II diawali dengan
unsure berita apa
C. Teks
berita I diakhiri dengan unsure berita bagaimana Teks berita II diakhiri dengan
unsur berita siapa
D. Teks
berita I diakhiri dengan unsure berita di mana Teks berita II diakhiri dengan unsur berita di mana
Kunci Jawaban: A
Pembahasan: Unsur-unsur berita biasanya berpola 5W +1H: what (apa), who (siapa), where (dimana),
when (kapan), why (mengapa), dan how (bagaimana). Bukan berarti bahwa penulisan berita harus mengikuti urutan unsur-unsur tersebut. Dalam
penyajiannya, seorang penulis berita dapat memvariasikannya. Bahkan
kadang-kadang unsur-unsur tersebut
tidak lengkap dalam sebuah berita.
Teks berita
I :Kebakaran (apa)
Teks berita
II :Setelah hujan (kapan)
5.
Indikator :
Mengidentifikasi isi teks biografi/iklan
Soal
:
Bacalah
kutipan biografi tokoh berikut!
Anis Baswedan adalah salah satu tokoh pendidikan Indonesia
yang meluncurkan program “Indonesia Mengajar”. Beliau merekrut anak-anak muda
terbaik lulusan perguruan tinggi di Indonesia untuk mengabdi sebagai guru di sekolah-sekolah
dasar yang ada di desa-desa di pelosok Indonesia. Lulusan Amerika ini dikenal
juga sebagai rektor termuda karena ia baru berusia 38 tahun saat ia didapuk
menjadi Rektor Paramadina menggantikan Nurcholis Madjid pada 15 Mei 2007.
Komitmennya dalam pendidikan tercermin dalam pernyataannya bahwa pendidikan
adalah kunci utama untuk memperoleh janji kemerdekaan.
Keistimewaan
tokoh tersebut adalah ...
A. merekrut mahasiswa lulusan terbaik
B. menjadi rektor termuda di Indonesia
C. berkomitmen memajukan pendidikan
D. menggagas program “Indonesia Mengajar”
Kunci Jawaban: B
Pembahasan: Keistimewaan seseorang merupakan
sesuatu yang khas dan tidak semua orang
memilikinya. Dalam hal ini, Anis
Baswedan menjadi rektor termuda di Indonesia dalam usia 38 tahun.
6.
Indikator : Mengidentifikasi isi teks biografi
Soal
:
Bacalah
kutipan biografi berikut!
Nama kecil Ki Hajar Dewantara adalah Raden Mas Soewardi
Soeryaningrat. Ia lahir di Yogyakarta pada tanggal 2 Mei 1889. Ia berasal dari lingkungan keluarga
Keraton Yogyakarta. Meskipun demikian, ia sangat sederhana dan ingin dekat
dengan rakyatnya. Perjalanan hidup Ki Hajar Dewantara benar-benar ditandai
dengan perjuangan dan pengabdian pada kepentingan bangsa dan negara. Ki Hajar
Dewantara juga aktif dalam organisasi
sosial dan politik. Pada tahun 1908, ia aktif di seksi propaganda Boedi Oetama
untuk menyosialisasikan dan menggugah kesadaran masyarakat Indonesia. Ia selalu
menyampaikan tentang pentingnya persatuan dan kesatuan dalam berbangsa dan
bernegara.
Hal yang
patut diteladani pada tokoh tersebut adalah….
A. berasal dari lingkungan keluarga keraton
B. aktif di seksi propaganda Boedi Oetama
C. sangat sederhana dan ingin dekat dengan rakyat
D. selalu berjuang dan mengabdi pada kepentingan bangsa
Kunci Jawaban: D
Pembahasan: Keteladanan seorang tokoh merupakan sifat/perilaku baik yang layak ditiru. Di
antara empat pilihan, hanya pilihan (D) yang merupakan
teladan dan patut dicontoh. Selalu berjuang dan mengabdi pada kepentingan bangsa.
7.
Indikator :
Mengidentifikasi isi teks biografi/iklan
Soal :
Perhatikan
iklan berikut!
(1) Dinamika
dunia bisnis sangat membutuhkan talenta
berkualitas.(2) Untuk membuat karya
bisnis yang bernilai tinggi, diperlukan pengetahuan, keterampilan, dan sikap
berbisnis yang baik agar berhasil mengisi
dan menciptakan peluang. (3) Dengan
bergabung bersama kami, Anda akan
mendapat pembelajaran berbisnis yang handal.
(4) AKADEMI BINTANG GEMINTANG
Jalan Senopati Utama Raya Nomor 17
Semarang
Penjelasan
kalimat nomor 3 pada teks iklan tersebut
adalah...
A. Bergabungnya kami dengan Akademi Bintang Gemintang, Anda akan mendapat pembelajaran berbisnis yang handal.
B. Penggabungan Anda dan Akademi Bintang Gemintang
akan mendapat pembelajaran berbisnis yang handal.
C. Kuliah di Akademi Bintang Gemintang,
mahasiswa akan mendapat pembelajaran berbisnis yang handal.
D. Dengan bergabung di Akademi Bintang Gemintang menjadikan Anda pelajar yang handal.
Kunci Jawaban: C
Pembahasan: Penjelasan teks iklan tersebut dapat
diketahui dengan memahami makna kalimat tersebut. Makna kalimat ketiga
tersebut adalah C.
8.
Indikator :
Mengidentifikasi isi teks iklan
Soal
:
Perhatikan
iklan berikut!
(1) Khusus untuk Program Sarjana Regular 2013 Bebas Uang Pangkal.
(2) Uang pangkal dibayarkan oleh
pemerintah melalui BOPTN (Bantuan Biaya Operasional Perguruan Tinggi Negeri).
Maksud kalimat (2) iklan tersebut adalah ...
A. Pemerintah yang mengganti uang pangkal
melalui BOPTN.
B. Pemerintah akan membayar perguruan tinggi
melalui uang pangkal.
C. Perguruan tinggi negeri memberi bantuan untuk
pembebasan uang pangkal.
D. Pemerintah membantu perguruan tinggi yang
membebaskan uang pangkal.
Kunci Jawaban: A
Pembahasan: Penjelasan teks iklan tersebut dapat
diketahui dengan memahami makna kalimat tersebut. Makna kalimat kedua tersebut
adalah A.
9.
Indikator : Menentukan kalimat
fakta/opini dalam iklan
Soal
:
Perhatikan
iklan berikut!
1) Teh herbal ramuan anak bangsa.
2) Terbuat dari kulit manggis dan bahan alam
lain yang sesuai.
3) Minum satu kali sehari, tubuh akan terasa
lebih segar.
4) Anda akan terlihat bugar sepanjang hari.
5) Hubungi Bapak H. Imran, Hp. 0818004004.
Kalimat fakta dalam iklan tersebut ditandai nomor ….
A. 1 C. 3
B. 2 D. 5
Kunci Jawaban : D
Pembahasan: Fakta
adalah sesuatu yang tertangkap oleh indra manusia atau data keadaan nyata yang terbukti dan telah menjadi suatu kenyataan.
Fakta dalam iklan dapat berbentuk frase atau kata.
10.
Indikator : Menyimpulkan isi paragraf
Soal
:
Perhatikan
bacaan berikut!
Pemerintah
Indonesia menunjukkan kemarahannya kepada pemerintah Australia dengan memanggil
pulang duta besarnya di Canberra. Langkah
ini merupakan upaya Indonesia untuk menurunkan tingkat hubungan diplomatik
kedua negara. Hal itu merupakan akibat dari ulah intelejen pemerintah Australia
yang menyadap penggunaan telepon sepuluh pejabat Indonesia.
Simpulan isi paragraf tersebut adalah ...
A. Indonesia menurunkan tingkat hubungan diplomatic karena penyadapan yang dilakukan
Australia.
B. Pemerintah Australia marah karena penyadapan
yang dilakukan pemerintah Indonesia.
C. Duta Besar Australia marah karena penyadapan
yang dilakukan pemerintah Indonesia.
D. Hubungan
diplomatik antara Indonesia dan Australia menurun karena kekurangan intelejen.
Kunci Jawaban: A
Pembahasan: Simpulan merupakan pernyataan berisi fakta, pendapat, atau alas an pendukung
mengenai tanggapan terhadap suatu objek. Simpulan dapat juga dikatakan
merupakan pendapat akhir dari suatu
uraian berupa informasi.
11.
Indikator :
Mengidentifikasi isi grafik, tabel, bagan, denah
Soal
:
Perhatikan
grafik berikut!
Simpulan isi
grafik tersebut adalah ...
A. Gambang Kromong sangat diminati siswa SMP
Permata.
B. Ekstrakurikuler teater sangat diminati siswa
SMP Permata.
C. Setiap jenis ekstrakurikuler di SMP Permata
didominasi siswa perempuan.
D. Tidak semua siswa SMP Permata mengikuti kegiatan
ekstrakurikuler di sekolahnya.
Kunci Jawaban: C
Pembahasan: Grafik adalah lukisan dengan
gambar/garis untuk mengetahui naik turunnya suatu keadaan. Isi suatu grafik
dapat diketahui hubungan data (angka) yang ada pada titik koordinasinya.
Hubungan angka itu bisa naik dan menurun. Menurut grafik tersebut, setiap jenis
ekstrakurikuler di SMP Permata didominasi siswa perempuan.
12.
Indikator : Mengidentifikasi isi grafik, tabel, bagan, denah
Soal
:
Perhatikan
tabel berikut!
Realisasi Hasil Pertanian (dalam Juta Ton)
Jenis
|
Padi
|
Jagung
|
Kedelai
|
2011
|
23,04
|
12,83
|
2,35
|
2013
|
24,53
|
14,09
|
1,69
|
2014
|
27,84
|
14,99
|
1,70
|
Pernyataan
yang sesuai dengan isi table tersebut adalah...
A. Sejak tahun 2011 hasil pertanian terus meningkat, puncaknya terjadi pada
tahun 2013.
B. Realisasi hasil pertanian sejak tahun 2011 hingga tahun 2013 tidak
mengalami perubahan yang pasti.
C. Hasil pertanian padi dan jagung dalam tiga tahun
terakhir terus meningkat, sedangkan kedelai mengalami naik turun.
D. Kenyataan di lapangan, hasil pertanian padi
dalam tiga tahun terakhir mengalami kenaikan dan penurunan.
Kunci Jawaban : C
Pembahasan: Penentuan simpulan dilakukan dengan
menghubungkan seluruh fakta dan data yang terdapat pada table tersebut dalam
bentuk pernyataan menyeluruh berupa pendapat akhir seluruh isi. Simpulan yang sesuai dengan keadaan
table tersebut bahwa realisasi hasil pertanian
padi dan jagung dalam tiga tahun terakhir terus meningkat sedangkan kedelai mengalami
naik turun. Distribusi premium dan
solar tiga tahun terakhir terus meningkat
kecuali minyak tanah yang tidak tetap.
13.
Indikator : Mengidentifikasi isi grafik, tabel, bagan, denah
Soal
:
Struktur
Organisasi Karang Taruna Mandiri
Seksi Umum
|
Seksi Pengaderean
|
Seksi Olahraga
|
BENDAHARA
|
SEKRETARIS
|
WAKIL KETUA
|
KETUA
|
Pertanyaan
yang sesuai dengan isi bagan tersebut
adalah...
A. Siapa yang membuat Struktur Organisasi Karang
Taruna Mandiri?
B. Kapan Struktur Organisasi Karang Taruna
Mandiri tersebut dibuat?
C. Ada berapa seksi dalam Struktur Organisasi
Karang Taruna Mandiri?
D. Bagaimana jika Struktur Organisasi Karang Taruna Mandiri tidak dibuat?
Kunci Jawaban: C
Pembahasan: Pertanyaan yang ada jawabannya
terdapat di bagan hanya pilihan jawaban C.
14.
Indikator : Menyimpulkan
isi paragraph
Soal
:
Bacalah
paragraf berikut!
Pada
umumnya, sakit tenggorokan disebabkan oleh virus. Biasanya, terkait dengan
tanda-tanda
penyakit saluran napas lainnya. Seperti, hidung tersumbat atau batuk.
Kebanyakan
sakit tenggorokan dapat sembuh dengan sendirinya. Namun, untuk
membantu
agar lebih nyaman ketika sakit, dapat dilakukan dengan minum air hangat
yang diberi
air perasan jeruk lemon dan madu.
Simpulan
paragraf tersebut yang tepat adalah ...
A. Penyakit tenggorokan disebabkan kebanyakan
oleh virus.
B. Tanda-tanda penyakit tenggorokan adalah
hidung tersumbat.
C. Usaha meringankan rasa sakit ketika menderita
sakit tenggorokan.
D. Sakit tenggorokan dapat dikurangi dengan
minum air perasan jeruk lemon.
Kunci Jawaban: D
Pembahasan: Simpulan merupakan pernyataan berisi
fakta, pendapat, atau alasan pendukung mengenai tanggapan terhadap suatu
objek. Simpulan dapat juga dikatakan
merupakan pendapat akhir dari suatu uraian yang berupa informasi.
15.
Indikator : Mengidentifikasi unsure intrinsic puisi
Soal :
Bacalah
puisi berikut dengan saksama!
Ada Tilgram
Tiba Senja
Ada podang pulang ke sarang
Tembangnya
panjang berulang-ulang
Pulang ya
pulang, hai petualang!
Ketapang,
ketapang yang kembang
Berumpun di
perigi tua
Anakku
datang anakku pulang
Kembali
kucium, kembali kuraba
Tema puisi tersebut adalah ...
A. bunga yang berkembang
B. pulangnya anak
tersayang
C. kegembiraan seorang anak
D. tembang yang berulang-ulang
Kunci Jawaban : B
Pembahasan: Data pendukung: Anakku datang anakku pulang, Kembali kucium,
kembali kuraba.
16.
Indikator : Mengidentifikasi unsure intrinsik puisi
Soal
:
Perhatikan
puisi berikut!
Melati
Tumbuh di
antara rimbunnya belukar,
Daunnya
mungil, bunganya kuncup,
Sebagian
rebah di tanah merah,
Namun
semerbak tetap merekah.
Melati putih
tertiup angin,
Batangnya
melambai memanjat dahan,
Terbersit
harap di unjung sana,
Tetap
mengalir alunkan hidup.
(Ahmad
Istiqo)
Citraan yang
dominan terdapat pada bait ke-1 puisi tersebut adalah….
A. perabaan
B. perasaan
C. penglihatan
D. pendengaran
Kunci Jawaban : C
Pembahasan: Citraan penglihatan adalah citraan
yang ditimbulkan oleh efek penglihatan/visual. Data pendukung: Tumbuh di antara rimbunnya belukar, daunnya
mungil, bunganya kuncup.
17.
Indikator : Mengidentifikasi unsure intrinsik puisi
Soal
:
Bacalah
puisi berikut dengan saksama!
Bintang
Cahayamu
begitu indah(1)
Senyummu
sangatlah ayu(2)
Kautemani
malamku yang sendu(3)
Membuatku,
semakin malu(4)
Dalam kesendirian tidak sepertimu(5)
Larik
bermajas pada kutipan puisi tersebut ditandai nomor ....
A. (1) dan (2)
B. (2) dan (3)
C. (3) dan (4)
D. (4) dan (5)
Kunci Jawaban: B
Pembahasan : Senyummu sangatlah ayu, Kautemani
malamku yang sendu, larik puisi tersebut
bermajas personifikasi.
18.
Indikator : Mengidentifikasi unsure intrinsik cerita pendek/cerita
anak
Soal
:
Bacalah
kutipan cerpen berikut!
“Ika, mari kita sama-sama berjuang. Oma akan berjuang melawan
penyakit Oma. Kamu pun berjuang untuk
menyesuaikan diri di Jakarta. Datanglah ke sini kapan saja kamu mau bicara
dengan Oma!” kata Oma Nani. Ika menghapus air matanya. Beban beratnya sudah
hilang.
“Isah, tolong dorong kursiku ke depan. Aku mau mengantar Ika
ke depan!” Oma Nani memanggil
pembantunya. Dalam sekejap Isah sudah muncul. “Wah, kemajuan sekali. Apa Oma mau mengantar Ika sampai ke
rumahnya? Sudah lama kita tidak jalan jalan ke luar!” kata Isah.
Penggambaran
watak tokoh Aku pada kutipan cerpen tersebut
melalui cara ....
A. dialog antartokoh
B. penggambaran fisik
C. penyebutan langsung
D. penceritaan tokoh lain
Kunci Jawaban: A
Pembahasan: Penggambaran watak tokoh digambarkan dari dialog antartokoh.
19.
Indikator :
Mengidentifikasi unsur intrinsik cerita pendek/cerita anak
Soal
:
Bacalah
kutipan cerpen berikut!
(1)”Saya
tidak suka kamu menasihati saya”, kata Namsu sambil menunjuk jidat
Kusni,
“janganlah merasa punya ilmu banyak!”
(2)“Bukan
begitu, Nam, hidup ini harus saling mengisi, mengingatkanlah,” Kusni
sedikit
membela.
(3)”Boleh
kamu mengingatkan dengan pengetahuanmu, tapi jangan lagi kepada
saya!” kata
Namsu ketus sambil ngeloyor entah ke
mana.
(4) Kusni
terdiam lama di bangku tunggu yang di teras kelurahan sambil mengelus-
elus dahinya.
Bukti watak
tokoh Namsu seorang sombong terdapat pada nomor ...
A. (1) dan (3)
B. (2) dan (4)
C. (1) dan (4)
D. (2) dan (3)
Kunci Jawaban: A
Pembahasan: Bukti bahwa Namsu memiliki watak
sombong adalah pernyataan
(1)”Saya
tidak suka kamu menasihati saya”, kata Namsu sambil menunjuk jidat Kusni,
“janganlah merasa punya ilmu banyak!” dan (3)”Boleh kamu mengingatkan dengan
pengetahuanmu, tapi jangan lagi kepada saya!” kata Namsu ketus sambil
ngeloyor entah ke mana.
20.
Indikator : Mengidentifikasi
unsur intrinsik cerita pendek/cerita anak
Soal :
Bacalah
kutipan cerpen berikut!
Dia, cowok
paling menyebalkan yang pernah ada. Janet melangkah memasuki
kelas dengan
wajah memerah. Rasa geram bercampur malu membuat matanya
berkaca-kaca.
Teriakan Brennen dari bawah ring basket masih terngiang di telinga.
“Hei...
cegat gadisku!,” Brennen meneriaki teman-temannya yang berkumpul di depan kelas.
“Nggak berani!” Mark menepi dan memberi jalan. “Ada apa pagi-pagi,
teriak kayak Tarzan?” protes Janet sambil cemberut.
Latar tempat
pada kutipan cerpen tersebut adalah di ...
A. kelas
B. kantin
C. halaman
D. lapangan
Kunci Jawaban: A
Pembahasan: Latar tempat dalam cerita tersebut
adalah di kelas. Hal ini didukung oleh bagian terakhir kutipan cerita tersebut,
yaitu ... Janet melangkah memasuki kelas dengan wajah memerah.
21.
Indikator :
Mengidentifikasi unsur intrinsik cerita pendek/cerita anak
Soal
:
Bacalah
kutipan cerita berikut!
... Nanti sore mama mengajak mereka untuk menjenguk nenek.
“Apakah kalian akan membawakan sesuatu untuk nenek?’ tanya mama bijak. Oli
dan Ola terdiam. Mereka sangat sayang pada nenek, tapi apakah mereka
harus menggunakan uang tabungan mereka? Bagaimana dengan kotak pensil putri
salju dan kotak pensil warna yang mereka inginkan? Melihat kedua putrinya
terdiam mama berkata sambil tersenyum, “Baiklah, jika kalian tidak akan
membawakan nenek hadiah juga tidak apa-apa.”...
Konflik dalam kutipan cerpen tersebut adalah ....
A. Ola dan Oli
memutuskan membeli bingkisan untuk dibawa ke rumah sakit.
B. Mama mengajak Ola
dan Oli membezuk nenek yang dirawat di rumah sakit.
C. Nenek dirawat di
rumah sakit dan mama mengajak kedua putrinya membezuk.
D. Kebimbangan Ola dan
Oli untuk membeli sesuatu untuk nenek atau kotak pensil.
Kunci Jawaban: D
Pembahasan: Konflik dalam sebuah cerita merupakan
bagian yang menunjukkan adanya pertentangan dalam cerita tersebut. Biasanya
konflik terjadi karena adanya benturan (ketidakserasian), baik dengan dirinya
atau dengan tokoh lain.
Kata yang dirujuk: Oli dan Ola terdiam. Mereka sangat
sayang pada nenek, tapi apakah mereka harus menggunakan uang tabungan mereka?
Bagaimana dengan kotak pensil putri salju dan kotak pensil warna yang mereka
inginkan?
22. Indikator : Mengidentifikasi
perbedaan karakteristik dua novel
Soal :
Bacalah kedua kutipan novel berikut!
Novel I
Geger Oktober 1965 sudah dilupakan orang juga di Pegaten. Orang-orang
yang mempunyai sangkut paut
dengan peristiwa itu, baik yang pernah ditahan atau tidak, telah menjadi warga masyarakat yang taat.Tampaknya
mereka ingin disebut sebagai orang yang sungguh-sungguh menyesal karena telah
menyebabkan guncangan besar di tengah kehidupan masyarakat. Bila ada perintah
kerja bakti, merekalah yang paling dulu muncul. Sikap mereka yang demikian itu
cepat mendatangkan rasa bersahabat di antara warga desa Pegaten.
Novel II
Malam itu Pak Bei datang menjelang pukul 22.00. Memakai sweeter
kesayangan warna cokelat yang dikalungkan dan topi tropikal, ia melangkah dengan gagah sambil menyeret
selopnya yang bersinar terkena cahaya lampu minyak. Suara dehemnya seakan
memberi petunjuk kedatangannya. Seolah bunyi sirene kehormatan, sehingga
beberapa orang menoleh dan member jalan kepadanya. Kerabat keraton ini memilih
tempat yang paling nyaman, di sebelah utara bawah Jembatan Njurug
yang perkasa.
Perbedaan
latar social pada kedua kutipan novel tersebut adalah....
A. Novel I
:kehidupan masyarakat desa Novel II: kehidupan kaum bangsawan
B. Novel I:
kehidupan bekas tahanan PKI Novel II: kehidupan kaum bangsawan
C. Novel I:
kehidupan masyarakat Pegaten Novel II: kehidupan kerabat kraton
D. Novel I:
kebiasaan masyarakat Pegaten Novel II: kebiasaan
masyarakat kraton
Kunci Jawaban: A
Pembahasan: Perbedaan latar social pada kedua
kutipan novel tersebut terletak pada perbedaan kehidupan masyarakat desa dan kaum bangsawan.
23.
Indikator :
Mengidentifikasi perbedaan
karakteristik dua novel
Soal
:
Bacalah
kutipan novel berikut!
Novel I
“Ingatlah,
Anakku! Harapkan burung terbang tinggi, punai tangan engkau lepaskan. Tidak
akan aman hidupmu, bila makanan enggang dan bunga larangan yang engkau
kehendaki. Sesayang-sayangnya pada engkau, kaum keluargamu tentu tidak akan
dibawanya duduk bersama-sama. Yang hendak ibu berikan buat gantinya, ialah anak
ibu sendiri yang akan insyaf betul bahwa ia kelak akan menumpangkan diri
padamu. …” (Salah Asuhan karya Abdul Muis)
Novel II
Tuti duduk
membaca buku di atas kursi kayu yang lebar di bawah pohon mangga di hadapan rumah
sebelah Cidengweng. Tiap-tiap petang apabila sudah menyelesaikan rumah dan sudah
pula mandi dan berdandan,biasanya ia duduk berangin-angin di hadapan rumah
memandang ke Cidengweg yang sepi itu. (Layar Terkembang karya Sutan Takdir
Alisyahbana)
Perbedaan
penggunaan bahasa pada kedua kutipan novel tersebut adalah….
A. Novel I: bahasa
lugas Novel II: banyak pepatah
B. Novel I:
bahasa sehari-hari Novel II: bahasa kiasan
C. Novel I:
bahasa kiasan Novel II: bahasa lugas
D. Novel I:
dipengaruhi asing Novel II: Melayu asli
Kunci Jawaban: B
Pembahasan: Novel I dibuat pada masa angkatan
Balai Pustaka. Ciri-ciri: bahasa yang dipakai adalah bahasa Indonesia yang
masih dipengaruhi bahasa Melayu, dialognya panjang dan banyak
peribahasa/pepatah (kiasan). Novel II dibuat pada masa angkatan Pujangga Baru.
Ciri-ciri: bahasa yang dipakai adalah bahasa Indonesia modern, tidak lagi
banyak menggunakan peribahasa, sehingga kalimatnya pendek dan langsung dengan
apa yang dimaksud. (lugas).
24.
Indikator :
Mengidentifikasi unsur intrinsik drama
Soal
:
Bacalah
kutipan naskah drama berikut!
(Bel pulang
sekolah berbunyi, Retno berlari menghampiri Utari yang sudah di luar kelas)
Retno : Ut, kamu langsung pulang atau masih ada
keperluan?
Utari :
Saya harus menemui Kadek dan Nanda, mau ambil buku catatan Elektro.
Retno :
Trus... (memotong penjelasan
Utari)
Utari :
Langsung pulang, kenapa sih?
Retno : Nggak apa-apa, saya mau ngajak makan di
kantin sambil tunggu hujan reda.
(tiba-tiba terdengar bunyi perut
Retno)
Utari :
Kamu belum makan dari tadi pagi atau jam istirahat tadi ke mana?
Retno : Saya memang belum sarapan dan jam istirahat tadi saya menyelesaikan
PR yang baru
dikumpul.
Latar waktu
pada kutipan drama tersebut adalah ....
A. pagi hari
B. malam hari
C. saat istirahat
D. pulang sekolah
Kunci Jawaban: D
Pembahasan: Latar selalu berhubungan dengan
waktu, tempat, dan suasana. Pada kutipan naskah drama tersebut tergambar dialog antara Retno dan Utari pada waktu
pulang sekolah.
25.
Indikator : Mengidentifikasi
unsur intrinsik drama
Soal
:
Bacalah
kutipan naskah drama berikut!
Herman : Iya, iya. Sudah jelas semuanya. Aku hanya
akan membantumu belajar, dan….
Yanti : Dan apa lagi. Minta upah ya…?
Herman
: (Rasa takut) Di rumahmu? Aku takut,
Ti.
Yanti : Takut, mengapa? Ooo, iya, rumahku jelek.
Ya sudahlah…. (Berlalu)
Herman
: Heee, tunggu dulu. Kamu ini bagaimana?
Kok mudah ngambek. Maksud saya di sekolah atau di perpustakaan,
karena aku takut ayahmu.
Yanti : (Tertawa senang) Hi..hi..hi, Herman, kamu ini
pemuda apa? Bertamu ke rumah orang kok takut. Mau jadi
banci, ya. Hi..hi..hiii.
Herman : Bukan begitu. Aku kan belum pernah bertemu
dengan ayahmu. Yang aku
kenal baru ibumu.
Konflik pada
kutipan naskah drama tersebut adalah ....
A. Herman merasa takut jika belajar di rumah.
B. Herman tidak mau bertemu dengan ayahYanti.
C. Yanti tidak mau belajar bersama di
perpustakaan.
D. Yanti tersinggung karena dianggap mempunyai
rumah yang jelek.
Kunci Jawaban: B
Pembahasan: Konflik tergambar pada saat Yanti mengajak Herman belajar bersama di
rumah Yanti. Herman tidak mau belajar di rumah Yanti dengan alasan belum pernah
bertemu ayah Yanti.
26.
Indikator : Menulis
catatan pengalaman pada buku harian
Soal
:
Perhatikan
ilustrasi berikut!
Dea berhasil meraih juara I Lomba Berbusana pada
peringatan Hari Kartini yang
diselenggarakan
oleh Yayasan Mawar Melati Jakarta Pusat tahun 2014.
Catatan buku
harian yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ...
A. Dia berbusana sangat serasi dengan postur
tubuhnya. Oleh karena itu, tidak salah
kalau juri memilih dia sebagai juara.
B. Aku senang karena teman sebangkuku meraih
juara I lomba berbusana. Aku mengucapkan selamat kepadanya.
C. Aku tak mengira aku akan keluar sebagai
pemenangnya. Padahal aku menggunakan pakaian adat Betawi.
D. Alangkah senangnya aku ketika namaku disebut
sebagai juara pada Lomba Berbusana yang diselenggarakan oleh Yayasan Mawar
Melati itu.
Kunci Jawaban: D
Pembahasan: Buku harian adalah media yang
digunakan untuk mencatat berbagai peristiwa, mengungkapkan curahan pikiran dan
perasaan yang dialami seseorang. Waktu,
tempat kejadian, dan peristiwa ditulis secara runtut. Biasanya, buku harian
ditulis dengan kata ganti “aku”.
27.
Indikator : Menulis pesan
singkat sesuai dengan konteks
Soal :
Bacalah
ilustrasi berikut!
Sekolah akan
mengadakan upacara dalam rangka
memperingati Hari Pahlawan. Bu Fatmawati,
kepala SMP Pelita mengirim pesan kepada pembina OSIS, Pak Jamil untuk melatih petugas upacara.
Pesan
singkat yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah …
A. Pak Jamil, tolong latih upacara pada
upacara Hari Pahlawan!
B. Pak Jamil, tolong siapkan petugas upacara
untuk Hari Pahlawan!
C. Pak Jamil, tolong latih petugas upacara untuk
persiapan upacara Hari Pahlawan!
D. Pak Jamil, tolong dilatih petugas upacara
untuk persiapan upacara hari Senin depan!
Kunci Jawaban: C
Pembahasan: Isi pesan singkat harus singkat,
jelas, dan mudah dipahami. Selain syarat
tersebut, isi pesan singkat harus sesuai dengan ilustrasi tersebut.
28.
Indikator : Menulis
laporan, pengumuman, dan resensi
Soal :
Perhatikan
kalimat-kalimat berikut!
(1) Kelompok kami bertugas mengamati pasar
tradisional.
(2) Barang-barang tersebut di antaranya beras,
ikan asin, bumbu-bumbu dapur, sayur-sayuran segar, dan masih banyak yang
lainnya.
(3) Pagi-pagi kami diberi tugas guru melakukan
pengamatan.
(4) Hasil identifikasi tersebut kami
presentasikan di depan kelas.
(5) Di dalam pasar tradisional itu, kami
mengidentifikasikan sejumlah barang yang siap jual.
Susunan
laporan yang tepat berdasarkan kalimat-kalimat tersebut adalah ….
A. (3),(1),(4),(2),(5)
B. (3),(2),(4),(5),(1)
C. (3),(1),(5),(2),(4)
D. (3),(1),(2),(5),(4)
Kunci Jawaban: C
Pembahasan: Menyusun kalimat-kalimat laporan agar
urut harus memperlihatkan keruntutan berpikir yang dapat dilihat dari
keterkaitan antarkalimat yang ditandai antara lain dengan konjungsi,
pengulangan, dan kata ganti. Jawaban C
paling runtut berpikir dilihat dari keterkaitan antar kalimatnya.
29.
Indikator : Menulis
laporan, pengumuman, dan resensi
Soal
:
OSIS SMP
Pelita Hati akan mengadakan lomba sepeda santai. Syarat dan ketentuan lomba,
termasuk formulir pendaftaran disediakan panitia.
Pengumuman
yang tepat sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah...
A. Peserta lomba sepeda santai, segera ke
sekretariat panitia untuk mengambil hadiah.
B. Peserta yang berminat menjadi juri lomba
sepeda santai harap menghubungi panitia di sekretariat.
C. Semua peserta lomba sepeda santai, segera
menyiapkan sepeda dan menyerahkannya kepada sekretariat panitia.
D. Siswa yang berminat mengikuti lomba sepeda
santai agar segera mendaftarkan diri ke sekretariat panitia.
Kunci Jawaban: D
Pembahasan: Pengumuman harus sesuai dengan
keadaan sebenarnya. Berdasarkan
ilustrasi, pengumuman yang paling
tepat terdapat pada pilihan (D).
30.
Indikator : Menulis laporan/pengumuman/resensi
Soal :
Perhatikan
data buku berikut!
Judul Buku : Mawar
Cintaku
Penulis :
Adiffa
Penerbit : PT
Angkasa
Tahun : 2009
Keunggulan:
1. Isi buku menarik
2. Bahasa komunikatif
Kelemahan: Ilustrasi gambar kurang
Paragraf
resensi yang tepat berdasarkan ilustrasi data buku tersebut adalah ...
A. Buku ini isinya sangat menarik. Selain itu
bahasanya komunikatif. Hanya sayang,
kertas yang digunakan terlalu tipis.
B. Buku ini isinya sangat menarik dan bahasanya
komunikatif. Selain itu, dilengkapi
dengan ilustrasi gambar yang dapat menunjang isi buku.
C. Cover buku sangat menarik. Selain itu
bahasanya komunikatif. Hanya sayang,
kurang dilengkapi dengan ilustrasi gambar yang dapat menunjang isi buku.
D. Buku ini isinya sangat menarik. Selain itu
bahasanya komunikatif. Hanya sayang, kurang dilengkapi dengan ilustrasi gambar
yang dapat menunjang isi buku.
Kunci Jawaban: D
Pembahasan: Resensi: pertimbangan, ulasan, telaah
sebuah buku. Tujuan resensi adalah memberitahukan kepada masyarakat umum. Adapun yang diulas dalam
resensi buku adalah identitas buku, isi buku, kelebihan buku, kekurangan buku,
dan saran bagi buku tersebut. Pada
pilihan D, keunggulan dan kelemahan tergambar pada resensi. Kelemahan
dikemukakan dengan cara dibungkus kelebihan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar