Sabtu, 24 Januari 2015

Soal Latihan UN (Bahasa Indonesia)

1.  Indikator               :Mengidentifikasi isi dan bagian suatu paragraf
Soal  :
Bacalah paragraf berikut!
Trusmi merupakan desa yang dijuluki  sentra batik cirebonan. Hampir semua orang mengenal batik, bahkan masyarakat Cina sangat menyukai motif-motif batik dari desa yang satu ini. Batik banyak sekali ditemukan di desa yang berjarak kurang lebih lima kilometer ke arah barat Kota Cirebon ini. Dari produk rumahan sampai produk pabrikan terkenal. Motifnya pun sangat beragam, ada mahkota, mega mendung, dan motif-motif pesisiran lainnya.
Gagasan utama paragraph tersebut adalah….
A.  berbagai motif batik cirebonan
B.  produk batik rumahan dan pabrikan
C.  Trusmi sebagai sentra batik cirebonan
D.  kegemaran orang Cina akan motif batik
Kunci Jawaban  : C
Pembahasan: Gagasan utama/gagasan pokok/ide pokok merupakan pernyataan yang menjadi inti pembahasan. Gagasan utama terdapat pada kalimat utama dalam setiap paragraf. Letaknya biasa terdapat pada awal atau akhir paragraf. Kalimat utama tersebut bersifat umum dengan ditandai kata yang merujuknya.
2.  Indikator  : Mengidentifikasi isi dan bagian suatu paragraf
Soal  :
Bacalah paragraf berikut!
(1)Kaderisasi atlet adalah hal yang tak dapat ditolak.  (2)Dari tangan mereka pula,
kejayaan suatu  bangsa dapat tercipta. (3)Menghadirkan “wadah” yang tepat sebagai
sarana pendukung latihan  bagi para atlet menjadi  salah satu  Kunci
JawabanJawabanagar kaderisasi yang diinginkan dapat berjalan terus.  (4)Hal ini
telah dilakukan oleh Perkumpulan Bulu Tangkis Djarum (PB Djarum) yang telah
diresmikan sejak tahun 1974.  (Kompas, Selasa,9 September 2014)
Kalimat utama paragraf tersebut ditandai nomor ....
A.  (1)
B.  (2)
C.  (3)
D.  (4)
Kunci Jawaban: A
Pembahasan: Kalimat utama berisi pernyataan yang masih umum atau luas. Kalimat tersebut memerlukan kalimat-kalimat lain yang berfungsi menjelaskan kalimat utama. Letak kalimat utama bisa pada awal paragraf, akhir paragraf, atau awal dan akhir (campuran). Pada paragraf tersebut kalimat ke-1 berkedudukan sebagai kalimat utama, sedangkan  kalimat ke-2, 3, 4 sebagai kalimat penjelas.
3.  Indikator         :    Menentukan persamaan isi berita
Soal  :
Teks Berita I
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Purbalingga, Priyo Satmoko, menga-takan, sejumlah         desa di Kecamatan Kejobong telah mengajukan bantuan air bersih. Berdasarkan data BPBD, daerah rawan kekurangan air bersih tersebar  di wilayah            Kecamatan Kejobong, Karang-anyar, Pengadegan, Kaligondang, Karangreja, dan sebagian Kecamatan Bukateja. Penyaluran air bersih dilakukan mulai pekan ini.
Teks Berita II
Di Cilacap, BPBD setempat mulai mendistribusikan air   bersih ke warga. Kepala Pelaksana Harian BPDB Cilacap,Supriyanto, mengatakan, ada 77 desa di 12        kecamatan yang kekeringan. Dua belas kecamatan itu antara lain Kecamatan Kawunganten, Bantarsari, Gandrung-mangu, Wanareja, Cimanggu, Jeruklegi, dan Patimuan. “Patimuan           sudah mulai kekeringan. PDAM di Sidareja juga sudah mendistribusikan air kepada warga yang mengalami kekeringan,” ujarnya.    
Persamaan isi kedua kutipan teks berita tersebut adalah....
A.  penyaluran air bersih     
B.  kekurangan air bersih
C.  waktu terjadinya  bencana
D.  jenis bencana yang dihadapi
Kunci Jawaban : B
Pembahasan: Informasi adalah keterangan, pemberitahuan, kabar, atau berita. Untuk mencari kesamaan isi beberapa berita, kita harus menentukan informasi pokok dari setiap teks berita tersebut.  Kata-kata yang dirujuk: Teks I:… sejumlah desa      di Kecamatan Kejobong telah mengajukan bantuan air. Teks   II:… ada 77 desa di 12 kecamatan yang kekeringan.
4.         Indikator         : Menentukan perbedaan penyajian berita
Soal  :
Bacalah kutipan teks berita berikut!
Teks Berita I
Kebakaran menghanguskan enam rumah kontrakan di  Jalan Galur Sari Raya 9 Utan Kayu Selatan, Matraman, Jakarta Timur, sekitar pukul 19.30     WIB. Dugaan sementara, kebakaran dipicu oleh hubungan arus pendek listrik. Api dengan cepat berkobar dan merembet ke rumah lainnya karena bahan bangunan sebagian besar terbuat dari papan.
Teks Berita II
Setelah hujan deras dan angin kencang yang mengguyur Ibukota Jakarta sejak siang tadi, kebakaran pun melanda Ibukota. Tepatnya di kawasan padat      penduduk di Jalan Galur Sari 9 Utan Kayu Selatan, Matraman, Jakarta Timur. Warga yang panik kemudian berusaha memadamkan api dengan alat seadanya.
Perbedaan penyajian kedua kutipan teks  berita tersebut adalah….
A. Teks berita I diawali dengan unsure berita apa Teks berita II diawali dengan unsure    berita kapan
B. Teks berita I diawali dengan unsure berita kapan Teks berita II diawali dengan unsure berita      apa
C. Teks berita I diakhiri dengan unsure berita bagaimana Teks berita II diakhiri dengan unsur         berita            siapa
D. Teks berita I diakhiri dengan unsure berita di mana Teks berita II diakhiri   dengan unsur            berita  di mana
Kunci Jawaban: A
Pembahasan: Unsur-unsur  berita biasanya berpola 5W +1H: what (apa), who (siapa), where (dimana), when (kapan), why (mengapa), dan how (bagaimana). Bukan berarti bahwa  penulisan berita harus mengikuti       urutan unsur-unsur tersebut. Dalam penyajiannya, seorang penulis berita dapat memvariasikannya. Bahkan kadang-kadang unsur-unsur           tersebut tidak lengkap dalam sebuah berita.           
Teks berita I   :Kebakaran (apa)                 
Teks berita II  :Setelah hujan (kapan)
5.  Indikator          : Mengidentifikasi isi teks biografi/iklan
Soal  :
Bacalah kutipan biografi tokoh berikut!
Anis Baswedan adalah salah satu tokoh pendidikan Indonesia yang meluncurkan program “Indonesia Mengajar”. Beliau merekrut anak-anak muda terbaik lulusan perguruan tinggi di Indonesia untuk mengabdi sebagai guru di sekolah-sekolah dasar yang ada di desa-desa di pelosok Indonesia. Lulusan Amerika ini dikenal juga sebagai rektor termuda karena ia baru berusia 38 tahun saat ia didapuk menjadi Rektor Paramadina menggantikan Nurcholis Madjid pada 15 Mei 2007. Komitmennya dalam pendidikan tercermin dalam pernyataannya bahwa pendidikan adalah kunci utama untuk memperoleh janji kemerdekaan.
Keistimewaan tokoh tersebut adalah ...
A.  merekrut mahasiswa lulusan terbaik
B.  menjadi rektor termuda di Indonesia
C.  berkomitmen memajukan pendidikan
D.  menggagas program “Indonesia Mengajar”
Kunci Jawaban: B
Pembahasan: Keistimewaan seseorang merupakan sesuatu yang khas dan  tidak semua orang memilikinya.  Dalam hal ini, Anis Baswedan menjadi rektor termuda di Indonesia dalam usia 38 tahun.
6.  Indikator         :    Mengidentifikasi       isi        teks     biografi
Soal  :
Bacalah kutipan biografi berikut!
Nama kecil Ki Hajar Dewantara adalah Raden Mas Soewardi Soeryaningrat. Ia lahir di Yogyakarta pada tanggal 2 Mei  1889. Ia berasal dari lingkungan keluarga Keraton Yogyakarta. Meskipun demikian, ia sangat sederhana dan ingin dekat dengan rakyatnya. Perjalanan hidup Ki Hajar Dewantara benar-benar ditandai dengan perjuangan dan pengabdian pada kepentingan bangsa dan negara. Ki Hajar Dewantara juga aktif dalam  organisasi sosial dan politik. Pada tahun 1908, ia aktif di seksi propaganda Boedi Oetama untuk menyosialisasikan dan menggugah kesadaran masyarakat Indonesia. Ia selalu menyampaikan tentang pentingnya persatuan dan kesatuan dalam berbangsa dan bernegara.
Hal yang patut diteladani pada tokoh tersebut adalah….
A.  berasal dari lingkungan keluarga keraton       
B.  aktif di seksi propaganda Boedi Oetama         
C.  sangat sederhana dan ingin dekat dengan rakyat      
D.  selalu berjuang dan mengabdi   pada kepentingan bangsa
Kunci Jawaban: D
Pembahasan: Keteladanan  seorang tokoh merupakan sifat/perilaku  baik yang layak ditiru.          Di antara empat pilihan, hanya pilihan (D) yang        merupakan teladan dan patut dicontoh. Selalu berjuang dan mengabdi       pada kepentingan bangsa.
7.  Indikator         : Mengidentifikasi isi teks biografi/iklan
Soal    :
Perhatikan iklan berikut!    
(1) Dinamika dunia bisnis sangat membutuhkan talenta berkualitas.(2) Untuk membuat    karya bisnis yang bernilai tinggi, diperlukan pengetahuan, keterampilan, dan sikap berbisnis yang baik agar berhasil mengisi            dan menciptakan peluang. (3) Dengan bergabung bersama      kami, Anda akan mendapat pembelajaran berbisnis yang handal.        
(4) AKADEMI BINTANG GEMINTANG
Jalan Senopati Utama Raya Nomor 17
Semarang
Penjelasan kalimat nomor 3 pada  teks iklan tersebut adalah...
A.  Bergabungnya kami dengan Akademi  Bintang Gemintang, Anda akan mendapat pembelajaran berbisnis yang handal.
B.  Penggabungan Anda dan Akademi Bintang Gemintang akan mendapat pembelajaran berbisnis yang handal.
C.  Kuliah di Akademi Bintang Gemintang, mahasiswa akan mendapat pembelajaran berbisnis yang handal.
D.  Dengan bergabung di Akademi  Bintang Gemintang  menjadikan   Anda   pelajar yang handal.
Kunci Jawaban: C
Pembahasan: Penjelasan teks iklan tersebut dapat diketahui   dengan memahami   makna kalimat tersebut. Makna kalimat ketiga tersebut adalah C.

8.  Indikator         : Mengidentifikasi isi teks iklan
Soal  :
Perhatikan iklan berikut!
(1)   Khusus untuk Program Sarjana Regular 2013 Bebas Uang Pangkal.
(2)   Uang pangkal dibayarkan oleh pemerintah melalui BOPTN (Bantuan Biaya Operasional  Perguruan Tinggi Negeri).
Maksud kalimat (2) iklan tersebut adalah ...
A.  Pemerintah yang mengganti uang pangkal melalui BOPTN.
B.  Pemerintah akan membayar perguruan tinggi melalui uang pangkal.
C.  Perguruan tinggi negeri memberi bantuan untuk pembebasan uang pangkal.
D.  Pemerintah membantu perguruan tinggi yang membebaskan uang pangkal.
Kunci Jawaban: A
Pembahasan: Penjelasan teks iklan tersebut dapat diketahui dengan memahami makna kalimat tersebut. Makna kalimat kedua tersebut adalah A.
9.  Indikator          :   Menentukan kalimat fakta/opini dalam   iklan   
Soal  :
Perhatikan iklan berikut!
1)  Teh herbal ramuan anak bangsa.
2)  Terbuat dari kulit manggis dan bahan alam lain yang sesuai. 
3)  Minum satu kali sehari, tubuh akan terasa lebih segar.
4)  Anda akan terlihat bugar sepanjang hari. 
5)  Hubungi Bapak H. Imran, Hp. 0818004004.

Kalimat           fakta   dalam             iklan    tersebut         ditandai          nomor            ….
A.  1             C. 3
B.  2             D. 5
Kunci Jawaban : D
Pembahasan: Fakta  adalah sesuatu yang tertangkap oleh indra manusia atau data keadaan nyata yang            terbukti dan telah menjadi  suatu  kenyataan. Fakta dalam iklan dapat berbentuk frase atau kata.
10.      Indikator         : Menyimpulkan isi paragraf
Soal  :
Perhatikan bacaan berikut!
Pemerintah Indonesia menunjukkan kemarahannya kepada pemerintah Australia dengan memanggil pulang duta besarnya di Canberra. Langkah ini merupakan upaya Indonesia untuk menurunkan tingkat hubungan diplomatik kedua negara. Hal itu merupakan akibat dari ulah intelejen pemerintah Australia yang menyadap penggunaan telepon sepuluh pejabat Indonesia.
Simpulan        isi        paragraf          tersebut         adalah ...
A.  Indonesia menurunkan tingkat hubungan diplomatic karena penyadapan yang dilakukan Australia.
B.  Pemerintah Australia marah karena penyadapan yang dilakukan pemerintah Indonesia.
C.  Duta Besar Australia marah karena penyadapan yang dilakukan pemerintah Indonesia.
D.  Hubungan diplomatik antara Indonesia dan Australia menurun karena kekurangan intelejen.
Kunci Jawaban: A

Pembahasan: Simpulan merupakan pernyataan  berisi fakta, pendapat, atau alas an pendukung mengenai tanggapan terhadap suatu objek. Simpulan dapat juga dikatakan merupakan pendapat akhir        dari suatu uraian berupa informasi.
11.  Indikator         : Mengidentifikasi isi grafik, tabel, bagan, denah   
Soal  :
Perhatikan grafik berikut!
Simpulan isi grafik tersebut adalah ...
A.  Gambang Kromong sangat diminati siswa SMP Permata.
B.  Ekstrakurikuler teater sangat diminati siswa SMP Permata.
C.  Setiap jenis ekstrakurikuler di SMP Permata didominasi siswa perempuan.
D.  Tidak semua siswa SMP Permata mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di sekolahnya.
Kunci Jawaban: C
Pembahasan: Grafik adalah lukisan dengan gambar/garis untuk mengetahui naik turunnya suatu keadaan. Isi suatu grafik dapat diketahui hubungan data (angka) yang ada pada titik koordinasinya. Hubungan angka itu bisa naik dan menurun. Menurut grafik tersebut, setiap jenis ekstrakurikuler di SMP Permata didominasi siswa perempuan.
12.  Indikator         :  Mengidentifikasi isi  grafik, tabel,  bagan, denah
Soal  :
Perhatikan tabel berikut!
Realisasi Hasil Pertanian  (dalam Juta Ton)
Jenis
Padi
Jagung
Kedelai
2011
23,04
12,83
2,35
2013
24,53
14,09
1,69
2014
27,84
14,99
1,70

Pernyataan yang sesuai dengan isi table tersebut adalah...
A.  Sejak tahun 2011            hasil pertanian terus meningkat, puncaknya terjadi pada tahun 2013.           
B.  Realisasi hasil pertanian sejak tahun 2011 hingga tahun 2013 tidak mengalami perubahan yang pasti.           
C.  Hasil pertanian padi dan jagung dalam tiga tahun terakhir terus meningkat, sedangkan kedelai mengalami naik turun.        
D.  Kenyataan di lapangan, hasil pertanian padi dalam tiga tahun terakhir mengalami kenaikan dan            penurunan.               
Kunci Jawaban : C
Pembahasan: Penentuan simpulan dilakukan dengan menghubungkan seluruh fakta dan data yang terdapat pada table tersebut dalam bentuk pernyataan menyeluruh berupa pendapat akhir seluruh isi.            Simpulan yang sesuai dengan keadaan table tersebut bahwa realisasi hasil    pertanian padi dan jagung dalam tiga tahun terakhir terus meningkat sedangkan kedelai mengalami naik turun. Distribusi premium        dan solar tiga tahun terakhir terus meningkat kecuali minyak   tanah  yang tidak tetap.

13.      Indikator          :        Mengidentifikasi isi  grafik, tabel,  bagan, denah
Soal   :
Struktur Organisasi Karang  Taruna Mandiri

Seksi Umum

Seksi Pengaderean

Seksi Olahraga

BENDAHARA

SEKRETARIS

WAKIL KETUA

KETUA
           

Pertanyaan yang sesuai dengan isi bagan tersebut adalah...
A.  Siapa yang membuat Struktur Organisasi Karang Taruna Mandiri?
B.  Kapan Struktur Organisasi Karang Taruna Mandiri tersebut dibuat?
C.  Ada berapa seksi  dalam Struktur Organisasi Karang Taruna Mandiri?
D.  Bagaimana jika Struktur Organisasi Karang Taruna Mandiri tidak dibuat?
Kunci Jawaban: C
Pembahasan: Pertanyaan yang ada jawabannya terdapat di bagan hanya pilihan jawaban C.
14.  Indikator         : Menyimpulkan isi paragraph
Soal  :
Bacalah paragraf berikut!
Pada umumnya, sakit tenggorokan disebabkan oleh virus. Biasanya, terkait dengan
tanda-tanda penyakit saluran napas lainnya. Seperti, hidung tersumbat atau batuk.
Kebanyakan sakit tenggorokan dapat sembuh dengan sendirinya. Namun, untuk
membantu agar lebih nyaman ketika sakit, dapat dilakukan dengan minum air hangat
yang diberi air perasan jeruk lemon dan madu. 
Simpulan paragraf tersebut yang tepat adalah ...
A.  Penyakit tenggorokan disebabkan kebanyakan oleh virus.
B.  Tanda-tanda penyakit tenggorokan adalah hidung tersumbat.
C.  Usaha meringankan rasa sakit ketika menderita sakit tenggorokan.
D.  Sakit tenggorokan dapat dikurangi dengan minum air perasan jeruk lemon.
Kunci Jawaban: D
Pembahasan: Simpulan merupakan pernyataan berisi fakta, pendapat, atau alasan pendukung mengenai tanggapan terhadap suatu objek.  Simpulan dapat juga dikatakan merupakan pendapat akhir dari suatu uraian yang berupa informasi.
15.      Indikator          :        Mengidentifikasi unsure intrinsic puisi
Soal    :
Bacalah puisi berikut dengan saksama!
Ada Tilgram Tiba Senja 
 Ada podang pulang ke sarang
Tembangnya panjang berulang-ulang 
Pulang ya pulang, hai petualang!
Ketapang, ketapang yang kembang 
Berumpun di perigi tua
Anakku datang anakku pulang
Kembali kucium, kembali kuraba
Tema puisi tersebut  adalah ...
A.  bunga yang berkembang           
B.  pulangnya anak tersayang         
C.  kegembiraan seorang anak       
D.  tembang yang berulang-ulang
Kunci Jawaban : B
Pembahasan: Data   pendukung:  Anakku datang anakku pulang, Kembali kucium, kembali kuraba.          
16.  Indikator         :  Mengidentifikasi unsure intrinsik  puisi
Soal  :
Perhatikan puisi berikut!
Melati
Tumbuh di antara rimbunnya belukar,
Daunnya mungil, bunganya kuncup,
Sebagian rebah di tanah merah,

Namun semerbak tetap merekah.
Melati putih tertiup angin, 
Batangnya melambai memanjat dahan,
Terbersit harap di unjung sana,
Tetap mengalir alunkan hidup.

                                   (Ahmad Istiqo)
Citraan yang dominan terdapat pada bait ke-1 puisi tersebut adalah….
A.  perabaan
B.  perasaan  
C.  penglihatan
D.  pendengaran       
Kunci Jawaban :  C
Pembahasan: Citraan penglihatan adalah citraan yang ditimbulkan oleh efek penglihatan/visual. Data pendukung: Tumbuh di antara rimbunnya belukar, daunnya mungil, bunganya kuncup.
17.  Indikator         :  Mengidentifikasi unsure intrinsik  puisi
Soal  :
Bacalah puisi berikut dengan saksama!
Bintang
Cahayamu begitu indah(1)
Senyummu sangatlah ayu(2)
Kautemani malamku yang sendu(3)
Membuatku, semakin malu(4)
Dalam kesendirian tidak sepertimu(5)
Larik bermajas pada kutipan puisi  tersebut ditandai nomor ....
A.         (1)       dan      (2)                      
B.         (2)       dan      (3)      
C.         (3)       dan      (4)      
D.         (4)       dan      (5)
Kunci Jawaban: B
Pembahasan  :  Senyummu sangatlah ayu, Kautemani malamku yang sendu, larik   puisi tersebut bermajas personifikasi.
18.      Indikator           :       Mengidentifikasi unsure intrinsik  cerita  pendek/cerita anak
Soal  :
Bacalah kutipan cerpen berikut!
“Ika, mari kita sama-sama berjuang. Oma akan berjuang melawan penyakit  Oma. Kamu pun berjuang untuk menyesuaikan diri di Jakarta. Datanglah ke sini kapan saja kamu mau bicara dengan Oma!” kata Oma Nani. Ika menghapus air matanya. Beban beratnya sudah hilang.
“Isah,  tolong dorong kursiku ke depan. Aku mau mengantar Ika ke depan!”  Oma Nani memanggil pembantunya. Dalam sekejap Isah sudah muncul. “Wah, kemajuan sekali.     Apa Oma mau mengantar Ika sampai ke rumahnya? Sudah lama kita tidak jalan jalan ke luar!” kata Isah.
Penggambaran watak tokoh Aku pada kutipan cerpen   tersebut melalui cara ....
A.  dialog antartokoh
B.  penggambaran fisik
C.  penyebutan langsung
D.  penceritaan tokoh lain
Kunci Jawaban: A
Pembahasan: Penggambaran watak tokoh digambarkan dari   dialog  antartokoh.
19.  Indikator         : Mengidentifikasi unsur intrinsik cerita pendek/cerita anak
Soal  :
Bacalah kutipan cerpen berikut!
(1)”Saya tidak suka kamu menasihati saya”, kata Namsu sambil menunjuk jidat
Kusni, “janganlah merasa punya ilmu banyak!”
(2)“Bukan begitu, Nam, hidup ini harus saling mengisi, mengingatkanlah,” Kusni
sedikit membela.
(3)”Boleh kamu mengingatkan dengan pengetahuanmu, tapi jangan lagi kepada
saya!” kata Namsu ketus sambil ngeloyor  entah ke mana.
(4) Kusni terdiam lama di bangku tunggu yang di teras kelurahan sambil mengelus-
elus dahinya.
Bukti watak tokoh Namsu seorang sombong terdapat pada nomor ...
A.  (1) dan (3) 
B.  (2) dan (4)
C.  (1) dan (4)
D.  (2) dan (3)
Kunci Jawaban: A
Pembahasan: Bukti bahwa Namsu memiliki watak sombong adalah pernyataan
(1)”Saya tidak suka kamu menasihati saya”, kata Namsu sambil menunjuk jidat Kusni, “janganlah merasa punya ilmu banyak!” dan (3)”Boleh kamu mengingatkan dengan pengetahuanmu, tapi jangan lagi kepada saya!” kata Namsu ketus sambil ngeloyor  entah ke mana.
20.  Indikator         : Mengidentifikasi unsur intrinsik cerita pendek/cerita anak
Soal    :
Bacalah kutipan cerpen berikut!
Dia, cowok paling menyebalkan yang pernah ada. Janet melangkah memasuki
kelas dengan wajah memerah. Rasa geram bercampur malu membuat matanya
berkaca-kaca. Teriakan Brennen dari bawah ring basket masih terngiang di telinga.
“Hei... cegat gadisku!,” Brennen meneriaki teman-temannya yang berkumpul di  depan kelas.  “Nggak berani!” Mark menepi dan memberi jalan. “Ada apa pagi-pagi, teriak kayak Tarzan?” protes Janet sambil cemberut.
Latar tempat pada kutipan cerpen tersebut adalah di ...
A.  kelas
B.  kantin
C.  halaman
D.  lapangan
Kunci Jawaban: A

Pembahasan: Latar tempat dalam cerita tersebut adalah di kelas. Hal ini didukung oleh bagian terakhir kutipan cerita tersebut, yaitu ... Janet melangkah memasuki kelas dengan wajah memerah.
21.  Indikator         : Mengidentifikasi unsur intrinsik cerita pendek/cerita anak
Soal  :
Bacalah kutipan cerita berikut!
... Nanti sore mama mengajak mereka untuk menjenguk nenek. “Apakah kalian akan membawakan sesuatu untuk nenek?’ tanya mama bijak.  Oli  dan Ola terdiam. Mereka sangat sayang pada nenek, tapi apakah mereka harus menggunakan uang tabungan mereka? Bagaimana dengan kotak pensil putri salju dan kotak pensil warna yang mereka inginkan? Melihat kedua putrinya terdiam mama berkata sambil tersenyum, “Baiklah, jika kalian tidak akan membawakan nenek hadiah juga tidak apa-apa.”...
Konflik dalam kutipan cerpen tersebut adalah ....
A.  Ola dan Oli memutuskan membeli bingkisan untuk dibawa ke rumah sakit.
B.  Mama mengajak Ola dan Oli membezuk nenek yang dirawat di rumah sakit.
C.  Nenek dirawat di rumah sakit dan mama mengajak kedua putrinya membezuk.
D.  Kebimbangan Ola dan Oli untuk membeli sesuatu untuk nenek atau kotak pensil.
Kunci Jawaban: D
Pembahasan: Konflik dalam sebuah cerita merupakan bagian yang menunjukkan adanya pertentangan dalam cerita tersebut. Biasanya konflik terjadi karena adanya benturan (ketidakserasian), baik dengan dirinya atau dengan tokoh lain.
Kata yang dirujuk: Oli dan Ola terdiam. Mereka sangat sayang pada nenek, tapi apakah mereka harus menggunakan uang tabungan mereka? Bagaimana dengan kotak pensil putri salju dan kotak pensil warna yang mereka inginkan?
22.  Indikator         :  Mengidentifikasi perbedaan karakteristik dua    novel
Soal  :
Bacalah kedua kutipan novel berikut!
Novel I
Geger Oktober 1965 sudah dilupakan orang juga di Pegaten. Orang-orang yang mempunyai sangkut            paut dengan peristiwa itu, baik yang pernah ditahan atau tidak, telah menjadi warga            masyarakat yang taat.Tampaknya mereka ingin disebut sebagai orang yang sungguh-sungguh menyesal karena telah menyebabkan guncangan besar di tengah kehidupan masyarakat. Bila ada perintah kerja bakti, merekalah yang paling dulu muncul. Sikap mereka yang demikian itu cepat mendatangkan rasa bersahabat di antara warga desa Pegaten.
Novel II
Malam itu Pak Bei datang  menjelang pukul 22.00. Memakai sweeter kesayangan warna cokelat yang dikalungkan dan topi            tropikal, ia melangkah dengan gagah sambil menyeret selopnya yang bersinar terkena cahaya lampu minyak. Suara dehemnya seakan memberi petunjuk kedatangannya. Seolah bunyi sirene kehormatan, sehingga beberapa orang menoleh dan member jalan kepadanya. Kerabat keraton ini memilih tempat yang           paling  nyaman, di sebelah utara bawah Jembatan Njurug yang perkasa.
Perbedaan latar social pada kedua kutipan novel tersebut adalah....
A. Novel I :kehidupan masyarakat desa Novel II: kehidupan kaum bangsawan
B. Novel I: kehidupan bekas tahanan PKI Novel II: kehidupan    kaum  bangsawan
C. Novel I: kehidupan masyarakat Pegaten Novel II: kehidupan kerabat kraton
D. Novel I: kebiasaan masyarakat   Pegaten Novel II: kebiasaan masyarakat   kraton
Kunci Jawaban: A
Pembahasan: Perbedaan latar social pada kedua kutipan novel tersebut terletak pada perbedaan kehidupan masyarakat         desa dan kaum bangsawan.                      
23.  Indikator         : Mengidentifikasi  perbedaan karakteristik  dua novel
Soal  : 
Bacalah kutipan novel berikut!
Novel I
“Ingatlah, Anakku! Harapkan burung terbang tinggi, punai tangan engkau lepaskan. Tidak akan aman hidupmu, bila makanan enggang dan bunga larangan yang engkau kehendaki. Sesayang-sayangnya pada engkau, kaum keluargamu tentu tidak akan dibawanya duduk bersama-sama. Yang hendak ibu berikan buat gantinya, ialah anak ibu sendiri yang akan insyaf betul bahwa ia kelak akan menumpangkan diri padamu. …” (Salah Asuhan karya Abdul Muis)
Novel II
Tuti duduk membaca buku di atas kursi kayu yang lebar di bawah pohon mangga di hadapan rumah sebelah Cidengweng. Tiap-tiap petang apabila sudah menyelesaikan rumah dan sudah pula mandi dan berdandan,biasanya ia duduk berangin-angin di hadapan rumah memandang ke Cidengweg yang sepi itu. (Layar Terkembang karya Sutan Takdir Alisyahbana)
Perbedaan penggunaan bahasa pada kedua kutipan novel tersebut adalah….
A. Novel I: bahasa lugas Novel II: banyak pepatah
B. Novel I: bahasa sehari-hari Novel II: bahasa kiasan
C. Novel I: bahasa kiasan Novel II: bahasa lugas
D. Novel I: dipengaruhi asing Novel II: Melayu asli
Kunci Jawaban: B
Pembahasan: Novel I dibuat pada masa angkatan Balai Pustaka. Ciri-ciri: bahasa yang dipakai adalah bahasa Indonesia yang masih dipengaruhi bahasa Melayu, dialognya panjang dan banyak peribahasa/pepatah (kiasan). Novel II dibuat pada masa angkatan Pujangga Baru. Ciri-ciri: bahasa yang dipakai adalah bahasa Indonesia modern, tidak lagi banyak menggunakan peribahasa, sehingga kalimatnya pendek dan langsung dengan apa yang dimaksud. (lugas).
24.  Indikator         : Mengidentifikasi unsur intrinsik drama
Soal  :
Bacalah kutipan naskah drama berikut!
(Bel pulang sekolah berbunyi, Retno berlari menghampiri Utari yang sudah di luar kelas)
Retno  : Ut, kamu langsung pulang atau masih ada keperluan?
Utari   :  Saya harus menemui Kadek dan Nanda, mau ambil buku catatan Elektro.
Retno  :  Trus...  (memotong penjelasan Utari)
Utari   :  Langsung pulang, kenapa sih?
Retno :  Nggak apa-apa, saya mau ngajak makan di kantin sambil tunggu hujan  reda. 
              (tiba-tiba terdengar bunyi perut Retno)
Utari   :  Kamu belum makan dari tadi pagi atau jam istirahat tadi ke mana?
Retno  : Saya memang belum sarapan   dan jam istirahat tadi saya menyelesaikan PR                      yang  baru dikumpul.
Latar waktu pada kutipan drama tersebut adalah ....
A.  pagi hari 
B.  malam hari
C.  saat istirahat
D.  pulang sekolah
Kunci Jawaban: D
Pembahasan: Latar selalu berhubungan dengan waktu, tempat, dan suasana. Pada kutipan naskah drama tersebut tergambar  dialog antara Retno dan Utari pada waktu pulang sekolah.
25.  Indikator   : Mengidentifikasi unsur intrinsik drama
Soal  :
Bacalah kutipan naskah drama berikut!
Herman  : Iya, iya. Sudah jelas semuanya. Aku hanya akan membantumu belajar, dan….
Yanti   : Dan apa lagi. Minta upah ya…?
Herman :  (Rasa takut) Di rumahmu? Aku takut, Ti.
Yanti   : Takut, mengapa? Ooo, iya, rumahku jelek. Ya sudahlah…. (Berlalu)
Herman :  Heee, tunggu dulu. Kamu ini bagaimana? Kok mudah  ngambek. Maksud saya               di sekolah atau di perpustakaan, karena aku takut ayahmu.
Yanti   : (Tertawa senang) Hi..hi..hi, Herman, kamu ini pemuda apa? Bertamu  ke rumah                 orang kok takut. Mau jadi banci, ya. Hi..hi..hiii.
Herman  : Bukan begitu. Aku kan belum pernah bertemu dengan ayahmu. Yang aku                        kenal baru ibumu.
Konflik pada kutipan naskah drama tersebut adalah ....
A.  Herman merasa takut jika belajar di rumah.
B.  Herman tidak mau bertemu dengan ayahYanti.
C.  Yanti tidak mau belajar bersama di perpustakaan.
D.  Yanti tersinggung karena dianggap mempunyai rumah yang jelek.
Kunci Jawaban: B
Pembahasan: Konflik tergambar pada saat  Yanti mengajak Herman belajar bersama di rumah Yanti. Herman tidak mau belajar di rumah Yanti dengan alasan belum pernah bertemu ayah Yanti.
26.  Indikator         : Menulis catatan pengalaman pada buku harian
Soal  :
Perhatikan ilustrasi berikut!
Dea  berhasil meraih juara I Lomba Berbusana pada peringatan Hari Kartini yang
diselenggarakan oleh Yayasan Mawar Melati Jakarta Pusat tahun 2014.
Catatan buku harian yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ...
A.  Dia berbusana sangat serasi dengan postur tubuhnya. Oleh karena itu,  tidak salah kalau juri memilih dia sebagai juara.
B.  Aku senang karena teman sebangkuku meraih juara I lomba berbusana. Aku mengucapkan selamat kepadanya.
C.  Aku tak mengira aku akan keluar sebagai pemenangnya. Padahal aku menggunakan pakaian adat Betawi.
D.  Alangkah senangnya aku ketika namaku disebut sebagai juara pada Lomba Berbusana yang diselenggarakan oleh Yayasan Mawar Melati  itu.
Kunci Jawaban: D
Pembahasan: Buku harian adalah media yang digunakan untuk mencatat berbagai peristiwa, mengungkapkan curahan pikiran dan perasaan  yang dialami seseorang. Waktu, tempat kejadian, dan peristiwa ditulis secara runtut. Biasanya, buku harian ditulis dengan kata ganti “aku”.
27.  Indikator         : Menulis pesan singkat sesuai dengan konteks
Soal    :
Bacalah ilustrasi berikut!
Sekolah akan mengadakan upacara  dalam rangka memperingati Hari Pahlawan. Bu  Fatmawati, kepala SMP Pelita mengirim pesan kepada pembina OSIS,  Pak Jamil untuk melatih petugas upacara.
Pesan singkat yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah …
A.  Pak Jamil, tolong latih  upacara pada  upacara Hari Pahlawan!
B.  Pak Jamil, tolong siapkan petugas upacara untuk  Hari Pahlawan!
C.  Pak Jamil, tolong latih petugas upacara untuk persiapan upacara Hari Pahlawan!
D.  Pak Jamil, tolong dilatih petugas upacara untuk persiapan upacara hari Senin depan!
Kunci Jawaban: C
Pembahasan: Isi pesan singkat harus singkat, jelas, dan  mudah dipahami. Selain syarat tersebut, isi pesan singkat harus sesuai dengan ilustrasi tersebut.
28.  Indikator          : Menulis laporan, pengumuman, dan resensi
Soal    :
Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
(1)  Kelompok kami bertugas mengamati pasar tradisional.
(2)  Barang-barang tersebut di antaranya beras, ikan asin, bumbu-bumbu dapur, sayur-sayuran segar, dan masih banyak yang lainnya.
(3)  Pagi-pagi kami diberi tugas guru melakukan pengamatan.
(4)  Hasil identifikasi tersebut kami presentasikan di depan kelas.
(5)  Di dalam pasar tradisional itu, kami mengidentifikasikan sejumlah barang yang siap jual.
Susunan laporan yang tepat berdasarkan kalimat-kalimat tersebut adalah ….
A.  (3),(1),(4),(2),(5)
B.  (3),(2),(4),(5),(1)
C.  (3),(1),(5),(2),(4)
D.  (3),(1),(2),(5),(4)
Kunci Jawaban: C
Pembahasan: Menyusun kalimat-kalimat laporan agar urut harus memperlihatkan keruntutan berpikir yang dapat dilihat dari keterkaitan antarkalimat yang ditandai antara lain dengan konjungsi, pengulangan, dan kata ganti.  Jawaban C paling runtut berpikir dilihat dari keterkaitan antar kalimatnya.
29.  Indikator          : Menulis laporan, pengumuman, dan resensi
Soal  :
OSIS SMP Pelita Hati akan mengadakan lomba sepeda santai. Syarat dan ketentuan lomba, termasuk formulir pendaftaran disediakan panitia.
Pengumuman yang tepat sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah...
A.  Peserta lomba sepeda santai, segera ke sekretariat panitia untuk mengambil hadiah.
B.  Peserta yang berminat menjadi juri lomba sepeda santai harap menghubungi panitia di sekretariat.
C.  Semua peserta lomba sepeda santai, segera menyiapkan sepeda dan menyerahkannya kepada sekretariat panitia.
D.  Siswa yang berminat mengikuti lomba sepeda santai agar segera mendaftarkan diri ke sekretariat panitia.
Kunci Jawaban: D
Pembahasan: Pengumuman harus sesuai dengan keadaan  sebenarnya. Berdasarkan ilustrasi, pengumuman yang paling tepat terdapat pada pilihan (D).
30.  Indikator          : Menulis  laporan/pengumuman/resensi
Soal    :
Perhatikan data buku berikut!
Judul Buku   : Mawar Cintaku
Penulis          : Adiffa
Penerbit        : PT Angkasa
Tahun           : 2009
Keunggulan:
1.  Isi buku menarik
2. Bahasa komunikatif
Kelemahan: Ilustrasi gambar kurang
Paragraf resensi yang tepat berdasarkan ilustrasi data buku tersebut adalah ...
A.  Buku ini isinya sangat menarik. Selain itu bahasanya komunikatif. Hanya sayang,  kertas yang digunakan terlalu tipis.
B.  Buku ini isinya sangat menarik dan bahasanya komunikatif. Selain itu,  dilengkapi dengan ilustrasi gambar yang dapat menunjang isi buku.
C.  Cover buku sangat menarik. Selain itu bahasanya komunikatif. Hanya sayang,  kurang dilengkapi dengan ilustrasi gambar yang dapat menunjang isi buku.
D.  Buku ini isinya sangat menarik. Selain itu bahasanya komunikatif. Hanya sayang, kurang dilengkapi dengan ilustrasi gambar yang dapat menunjang isi buku.
Kunci Jawaban: D
Pembahasan: Resensi: pertimbangan, ulasan, telaah sebuah buku. Tujuan resensi adalah memberitahukan kepada  masyarakat umum. Adapun yang diulas dalam resensi buku adalah identitas buku, isi buku, kelebihan buku, kekurangan buku, dan saran bagi buku tersebut.  Pada pilihan D, keunggulan dan kelemahan tergambar pada resensi. Kelemahan dikemukakan dengan cara dibungkus kelebihan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar